Jumat, 06 Juni 2014

Syarat Penting Menulis



Oleh Ngainun Naim

Saya belum menjadi penulis yang baik. Lebih tepatnya saya menyebut diri saya sebagai orang yang belajar untuk menjadi penulis yang baik. Banyak tulisan yang saya jadikan sebagai sarana belajar. Melalui berbagai tulisan yang ada, baik bentuk buku, artikel di koran, tulisan di facebook, tulisan di blog Kompasiana, dan berbagai media yang lainnya, saya terus berusaha meningkatkan pengetahuan saya tentang dunia menulis.
Mohon maaf jika tulisan yang saya buat masih jauh dari kata baik. Beberapa orang memberikan kritik terhadap tulisan ringan yang saya buat nyaris tiap hari. Tidak apa-apa. Saya justru senang menerima kritikan semacam itu. Melalui kritikan semacam itu, saya berusaha untuk memperbaikinya. Tetapi ada juga kritik yang saya abaikan karena isinya bukan kritik, tetapi cacian.
Saya sadar orang itu memang bermacam-macam. Kesadaran semacam inilah yang saya gunakan sebagai dasar untuk terbuka terhadap berbagai macam kritik yang datang.
Berkali-kali saya mendapatkan pertanyaan tentang bagaimana cara menulis yang baik. Menulis yang baik, menurut saya, membutuhkan satu syarat yang sangat mendasar yaitu rajin membaca. Semakin banyak membaca maka seseorang akan semakin banyak perbendaharaan wawasan dan pengetahuannya yang kemudian dapat dijadikan sebagai modal untuk menulis. Mustahil seseorang mampu menulis secara baik jika tidak pernah membaca. Sebenarnya bisa saja ia menulis, tetapi kualitas tulisannya pasti akan berbeda dengan mereka yang memiliki kekayaan khazanah pengetahuan yang diperolehnya melalui membaca.
Penulis cerita fiksi juga membutuhkan bacaan yang kuat. Semakin banyak membaca tulisan jenis fiksi maka akan semakin banyak modal untuk memperkaya cerita yang dibuat. Saya yakin bahwa semua penulis dari aliran apa pun adalah para pembaca yang kuat.
Jadi, jika ingin menulis yang baik maka kunci utamanya adalah dengan rajin membaca. Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.