Sabtu, 03 Mei 2014

Diskon Buku yang Dirindu



Oleh Ngainun Naim

Sekali atau dua kali dalam sebulan biasanya saya mengunjungi toko buku. Melihat-lihat buku, memilih jika ada yang cocok, lalu membelinya merupakan kegiatan yang begitu menyenangkan. Seandainya tidak memikirkan kebutuhan hidup lain yang begitu banyak, mungkin saya tiap minggu pergi ke toko buku untuk berbelanja.
Buku sangat besar manfaatnya dalam hidup saya. Saya sendiri telah menulis sebuah buku yang khusus mengulas tentang membaca ini. Judulnya The Power of Reading. Buku sederhana ini mendapat apresiasi yang cukup bagus dari pembaca. Beberapa kali telah dibedah. Rabo tanggal 7 Mei 2014 ini rencananya juga akan dibedah kembali di Aula IAIN Tulungagung.
Membeli buku dan menulis sesungguhnya merupakan rangkaian yang saling berkelindan. Saya selalu menekankan pentingnya membaca untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik. Bisa saja orang menulis tanpa menjadi pembaca yang tekun, tetapi saya kira tulisannya tidak akan berkembang secara baik dan meningkat kualitasnya.
Kemarin sore, 2 Mei 2014, seusai jam kantor saya menyempatkan mengunjungi sebuah toko buku di Tulungagung. Untuk ukuran Tulungagung, toko buku ini cukup lumayan. Kebetulan di toko buku ini Penerbit Mizan sedang memberikan diskon besar. Saya pun segera memilih buku yang terjajar kurang teratur di meja. Saya membeli 4 buah buku untuk anak dan dua buku untuk saya sendiri. Karena sedang diskon tentu harganya cukup menggiurkan. Buku karya Irwan Masduqi yang berjudul Ketika Nonmuslim Membaca Al-Quran ”hanya” dijual 20 ribu, padahal sebelumnya harganya dua kali lipat lebih. Buku Daniel G. Amin Change Your Brain Change Your Life yang ketebalannya mencapai 350 halaman dan memiliki ukuran hampir seukuran kertas kwarto ternyata hanya 25 ribu.
Bagi seorang peminat buku, diskon besar semacam ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga. Bagi saya pribadi, bukan soal tahun kapan buku itu terbit karena yang lebih penting adalah isinya. Memang buku yang baru juga menarik, tetapi nilai penting buku tidak hanya dari kebaruannya. Jadi, mari membeli buku demi kemanfaatan bagi kita semua.

Sambidoplang, 3 Mei 2014
Ngainun Naim
twitter: @naimmas22


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.