Jumat, 23 Mei 2014

Buku Pemikiran



Oleh Ngainun Naim

Seorang teman berseloroh mempertanyakan manfaat membaca buku-buku pemikiran. Menurutnya, buku-buku pemikiran hanya menambah ruwet persoalan. Hal sederhana diulas menjadi sedemikian rumit.
Saya tidak menjawab secara langsung terhadap kritik tersebut. Saya memahami mengapa teman tersebut berpendapat semacam itu. Latar belakang keilmuan dan bidang kerja menjadi faktor yang--menurut saya--memengaruhi cara berpikirnya.
Buat saya, buku pemikiran itu sangat menarik. Isinya menggambarkan dimensi terselubung dari realitas yang ada. Melalui buku semacam ini, saya menemukan bagaimana sebuah pemikiran bisa hidup atau ditinggalkan masyarakat. Kenyataan di masyarakat juga dipengaruhi oleh pemikiran yang ada. Jadi membaca buku-buku pemikiran itu sangat penting, setidaknya buat saya. Salam.

Tulungagung, 23-05-2014
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.