Kamis, 08 Mei 2014

Berbagi Spirit Membaca



Oleh Ngainun Naim

Membaca ternyata belum menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Perguruan tinggi yang dikenal sebagai “komunitas ilmiah”-pun ternyata masih jauh dari budaya membaca. Mungkin saya salah, tetapi pengamatan secara umum di kampus tempat saya mengajar—IAIN Tulungagung—membaca, khususnya di kalangan mahasiswa, masih harus terus disemai.
Sebagai orang yang menyukai kegiatan membaca dan menulis, saya selalu berusaha berbagi inspirasi dengan para mahasiswa saya. Mungkin karena terlalu sering berbicara tentang membaca dan menulis, ada mahasiswa saya yang menggelari saya sebagai ”dosen gila menulis”. Saya tersenyum saja membaca gelar yang disematkan mahasiswa tersebut. Buat saya, ada mahasiswa yang menjadi gemar membaca dan menulis itu sudah sebuah kebahagiaan tersendiri. Bagaimana pun juga, dengan memiliki tradisi membaca dan menulis, seseorang akan semakin berkembang kualitas dirinya.
Masih berkaitan dengan berbagi spirit membaca, hari Rabo 7 Mei 2014 kemarin teman-teman Pengurus Rayon Al-Khawarizmi PMII IAIN Tulungagung melaksanakan kegiatan bedah buku. Kebetulan buku yang dibedah adalah buku yang saya tulis, The Power of Reading. Hadir sebagai pembanding adalah Ahmad Fauzan, S.S., M.Pd.I., dosen IAIN Tulungagung sekaligus Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Tulungagung.
Secara umum acara berjalan lancar. Kursi yang disediakan oleh panitia penuh sesak oleh peserta. Saya memaparkan secara garis besar isi buku saya. mas Ahmad Fuzan, selain membahas kegiatan membaca, juga membahas tentang kegiatan literasi yang dijalankannya.
Suasana ”gayeng” terasa saat tanya jawab. Terlihat begitu banyak peserta yang mengacungkan tangan. Karena pertimbangan waktu, hanya beberapa orang yang berkesempatan bertanya dalam dua sesi yang disediakan moderator.
Acara selesai sekitar jam 12.30. Saya berharap semoga hal sederhana yang saya lakukan ini bermanfaat dan menjadi daya dorong bagi tumbuhnya spirit membaca yang lebih baik di IAIN Tulungagung. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.