Kamis, 03 April 2014

Jangan Abaikan Pendidikan Agama

Saya terngiang betul dengan ceramah Prof. Dr. Dede Rosyada saat berkunjung ke IAIN Tulungagung tahun lalu. Waktu itu beliau--antara lain--menjelaskan mengenai satu kelebihan institusi pendidikan agama, yaitu moral. Moral menjadi karakter khas yang tumbuh secara implisit dalam pembelajaran. "Jika sampai moral tidak bisa dijaga", demikian Prof. Dede, "tidak ada lagi yang bisa dijadikan andalan. Sebab dibandingkan sekolah umum, mutu lembaga pendidikan agama biasanya tidak lebih unggul".

Satu kegelisahan masyarakat sekarang ini adalah semakin menurunnya moral generasi muda. Rasanya terlalu banyak daftar kasus yang bisa ditulis. Hanya keprihatinan dan ikhtiar untuk mencari solusi yang penting dilakukan.

Pendidikan agama menjadi solusi yang tidak bisa ditawar lagi. Agama itu soal yang sangat fundamental. Mengajarkan agama tdk cukup dengan teori, tetapi juga melalui praktik. Melalui pendidikan agama, semoga anak-anak kita mampu mengarungi dinamika perkembangan zaman yang semakin keras ini. Amin.

Selain itu, mari ajak anak untuk mencintai buku-buku agama. Buku agama mampu memperkaya jiwa mereka. Membaca secara intensif berbagai buku agama juga merupakan jalan strategis yang penting ditumbuhkembangkan.

Trenggalek, 29-3-2014
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.