Rabu, 02 April 2014

Guru-guru Hebat


Oleh Ngainun Naim
 
Rabo kemarin saya diundang untuk menjadi pembicara seminar di Hotel Istana Tulungagung. Saya menjadi pembicara bersama Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd., dosen Universitas Negeri Malang. Pada acara yang diselenggarakan oleh STAI Diponegoro Tulungagung dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tulungagung tersebut dihadiri oleh sekitar 900 peserta. Kabarnya, rekaman acara akan tayang di JTV hari Jumat jam 15.30-16.00 dan hari Sabtu jam 06.00-06.30. Bagi yang sempat, silahkan menyaksikan.
Ada banyak pelajaran penting yang saya peroleh dari acara kemarin. Pertama, semangat para peserta. Guru-guru yang hadir adalah para guru yang luar biasa. Mereka begitu bersemangat hadir di acara ini. Sejak awal acara hingga akhir mereka terlibat secara aktif pada seminar. Hal ini terlihat juga pada spirit para peserta untuk bertanya. Gairah, keberanian, dan substansi pertanyaan yg berbobot menjadi penanda khusus bahwa mereka adalah guru-guru hebat.
Kedua, hidupnya suasana sejak awal sampai akhir karena peran penting Bu Umi Dayati. Secara jujur harus saya akui bahwa beliau adalah motivator ulung. Beliau mampu membawa suasana hidup, ger-geran, dan bergairah selama acara berlangsung. Ini jelas membutuhkan kemampuan tingkat tinggi. Saya sebagai pembicara kedua justru ikut hanyut dalam spirit yang diusung Bu Umi.
Ketiga, persoalan berat bisa menjadi sederhana dan mudah saat diuraikan seorang ahli. Bu Umi memiliki kemampuan besar dalam merekonstruksi persoalan. Kemampuan inilah yang membuat saya bisa menyimpulkan bahwa sesungguhnya para guru itu hebat-hebat. Jika mendapatkan suasana dan momentum pemberdayaan yang optimal, kemajuan pendidikan Indonesia akan cepat terwujud. Semoga.
Trenggalek, 28-3-2014
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.