Kamis, 10 April 2014

Indeks



Pernahkah Anda membaca, mencermati, dan memfungsikan indeks yang ada di halaman akhir sebuah buku? Jika belum, cobalah karena ada sangat banyak manfaat yang bisa diraih.
Biasanya orang menganggap indeks sebagai hal yang mengganggu. Isinya memang hanya kata-kata kunci dan nomor halaman. Tetapi justru di sinilah letak manfaat indeks. Saya justru kurang nyaman jika sebuah buku tidak ada indeksnya. 

Jika Anda membuat makalah atau buku dan membutuhkan referensi, Anda tidak perlu membaca seluruh isi buku. Terlalu banyak waktu yang harus Anda keluarkan. Cek saja indeks. Cari kata-kata yang memiliki relevansi dengan topik yang sedang ditulis plus halamannya, lalu cek di halaman yang disebutkan. Bacalah secara pelan sehingga Anda paham konteks dan makna kalimatnya. Jika memang itu berkaitan dengan topik yang sedang Anda tulis, segera kutip.

Cara semacam ini berdasarkan pengalaman ternyata jauh lebih efektif. Memang kelemahannya kita tidak tahu keseluruhan isi buku. Tetapi jika pertimbangannya praktis seperti menulis makalah atau buku, cara semacam inu cukup membantu. Tapi jika Anda memang ingin menikmati sebuah buku secara utuh, tidak ada pilihan selain membacanya dari depan ke belakang. Salam.

Trenggalek, 2 April 2014
Ngainun Naim
http://ngainun-naim.blogspot.com
Twitter: @naimmas22

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.