Sabtu, 15 Maret 2014

Rhenald Kasali

Nama Rhenald Kasali cukup dikenal dalam khazanah intelektual Indonesia. Ia seorang ilmuwan tangguh. Karya-karyanya dalam bentuk buku bertebaran dan best seller. Artikelnya yang terbit tiap minggu di beberapa koran sangat menarik. Saya mewajibkan diri saya untuk membaca artikel beliau karena saya (hampir) selalu mendapatkan berbagai hal menarik usai membaca tulisan beliau.

Buku saya yang Alhamdulillah cetak ke-4, "Menjadi Guru Inspiratif", terinspirasi dari artikel Prof. Rhenald. Ceritanya, Prof. Rhenald menulis artikel yang berjudul 'Guru Kurikulum V Guru Inspiratif'. Artikel tersebut mendorong saya untuk mengembangkan lebih jauh menjadi sebuah buku.

Bagaimana Prof. Rhenald bisa selalu memiliki waktu menulis? Dari beberapa informasi yang saya peroleh ternyata beliau bisa menulis di setiap kesempatan yang ada. Saat di mobil dalam perjalanan ke kantor, di bandara, di pesawat, dan di manapun jika bisa beliau akan menulis.

Sumber idenya dari mana? Kalau Anda sudah terbiasa menulis, ide itu bisa datang dari mana saja. Tetapi ada satu aktivitas yang tidak boleh dilupakan bagi setiap penulis, yaitu membaca. Hal semacam ini yang juga dilakukan Prof. Rhenald. Selain menulis, beliau juga selalu menyediakan buku di tempat yang mudah untuk dijangkau.

Jadi kalau memang mau menekuni dua menulis, membaca adalah aktivitas wajib. Sudah berapa buku yang Anda baca di bulan maret ini?

Trenggalek, 14/3/2014
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.