Kamis, 13 Maret 2014

Keajaiban Menulis



Judul tulisan ini terinspirasi dari sebuah buku milik adikku. Kalau tidak salah judulnya "Menulislah Setiap Hari dan Rasakan Keajaibannya". Buku tersebut karangan seorang guru yang juga blogger di www.kompasiana.com, Wijaya Kusumah atau lebih akrab dipanggil Omjay.

Omjay melalui buku tersebut mengajak untuk menulis setiap hari. Ya, menulis setiap hari. Tentu bukan menulis seperti status galau di fb atau twit singkat di twitter, tetapi menulis artikel. Pengalaman Omjay, sebagaimana diceritakan melalui bukunya tersebut, menunjukkan bahwa menulis memberikan banyak keajaiban dalam hidupnya.

Saya iseng-iseng membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di situ ditulis bahwa ajaib berarti; jarang ada, tidak sbg biasa; ganjil; mengherankan. Nah, mengacu ke arti ini maka menulis setiap hari akan memberikan efek istimewa kepada yang melakukannya. Karena itulah bisa disebut menulis itu ajaib.

Saya sendiri tidak sampai menyebutnya ajaib, tetapi memberikan banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah memberikan inspirasi kepada orang lain untuk mau menulis. Saya merasakan kebahagiaan manakala ada orang yang mau mengikuti jejak saya dengan menulis rutin setiap hari.

Jujur bukan hal mudah untuk menulis setiap hari. Tetapi jika telah melakukannya setiap hari, akan mudah untuk melakukamnya. Dan itulah salah satu hikmah-keajaiban dalam istilah Omjay-menulis.

Jika Anda sudah membaca catatan ini, apakah tidak muncul keinginan untuk menulis? Ayolah menulis dam rasakan manfaatnya. Salam.

Trenggalek, 13/3/14
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.