Selasa, 25 Maret 2014

Nasihat Lucy H. Fredrick


Saya memiliki sebuah buku yang cukup unik. Judulnya "250 Cara Bijak Menggunakan Waktu". Melihat judulnya saat akan membeli, saya membayangkan isinya tentang 250 strategi yang dapat ditempuh dalam memanfaatkan waktu. Saya tidak tahu persis isinya karena kondisi buku yang masih disampul plastik. 
 
Begitu saya buka, saya agak kecewa. Isinya tidak sesuai dengan yang saya bayangkan. Ternyata buku ini 'hanya' berisi kutipan kata-kata mutiara atau pendapat berkaitan dengan waktu. Buku pun hanya saya simpan dan tidak saya baca.

Buku ini saya beli tahun 2008 dan baru saya buka lagi beberapa waktu terakhir. Setelah saya cermati, ternyata saya salah. Ada begitu banyak nilai yang bisa saya petik dari buku ini. Salah satu nasihat yang penting berbunyi begini:

"Apakah Anda pernah berjanji untuk melakukan suatu rutinitas baru yang baik kemudian Anda segera melupakan maksud baik tersebut? Para ahli mengatakan bahwa untuk mendapatkan kebiasaan baru dibutuhkan waktu paling sedikit tiga bulan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan keuntungan dari kebiasaan tersebut, bahkan terkadang keuntungan tersebut dapat diukur, dan Anda tidak perlu mendisiplinkan diri karena sudah menjadi kebiasaan".

Coba simak kutipan tersebut. Sederhana tetapi mengena. Mari gunakan pendapat tersebut sebagai bahan membangun kebiasaan positif yang bermanfaat.

Trenggalek, 25-3-2014
Ngainun Naim


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.