Selasa, 18 Maret 2014

Kampanye Literasi

Membaca yang dilakukan secara intensif bisa membuat kita mengalami transformasi diri. Kita bisa menjadi manusia yang lebih berkualitas dengan gugusan pengetahuan yang kita miliki karena buku-buku yang kita jelajahi setiap hari. Saya kira tidak ada jalan menambah pengetahuan yang nilai efektifnya melebihi membaca.
Saya berasal dari keluarga sederhana yang tidak dekat dengan dunia buku. Walaupun bapak seorang guru, beliau tidak secara langsung membangun kecintaan kepada buku. Majalah langganan wajib dari Surabaya yang justru menjadi salah satu pemicu saya menyukai membaca.

Sekarang ini bahan bacaan yang saya miliki bisa dikatakan cukup. Tetapi rendahnya minat baca generasi muda dan jauhnya dunia buku di era digital membuat saya terus menyuarakan pentingnya membaca dan menulis. Mungkin memang tidak ada hasil sama sekali atau ada hasil tetapi sulit terukur. Saya kurang memedulikannya, walaupun jujur saja, saya akan bahagia manakala semakin banyak pe,baca tulisan-tulisan saya yang akhirnya mau menulis dan membaca. Bagi saya, terus berkampanye semacam ini adalah sebuah ibadah juga. Apalagi yang melakukannya juga tidak terlalu banyak.

Di rumah orang tua, saya membuka Taman Baca Masyarakat. Namanya TBM Pelangi. Adik saya nomor 5 dan 6 yang mengelola. Sejauh ini ada perkembangan yang cukup menggembirakan dalam hal antusiasme pembaca. Koleksi bukunya memang masih sedikit karena hanya dari buku yang saya beli atau dari buku yang saya miliki.

Adik saya nomor tiga juga punya TBM di rumahnya. Peminatnya juga cukup lumayan. Tiap sore anak-anak yang mengaji di masjid rumahnya selalu mampir ke TBM yang ia kelola untuk membaca.
Inilah hal kecil yamg bisa saya lakukan. Adik-adik saya Alhamdulillah juga tergerak ikut menyebarkan virus membaca. Semoga saja dunia membaca dan menulis semakin banyak dilakukan, baik genberasi muda, dewasa, setengah tua, bahkan tua sekali. Amin.

Trenggalek, 18/3/14
 
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.