Sabtu, 22 Maret 2014

30 Menit

Apa yang Anda bayangkan saat membaca judul tulisan ini? Saya yakin Anda memiliki bayangan yang beragam. Salah satunya yang mungkin muncul adalah soal durasi waktu.

Waktu itu merupakan konsep yang sulit didefinisikan. Saya tidak akan menulis debat filosofis tentang waktu. Jika Anda berminat, silahkan Anda baca sendiri buku-buku filsafat tentang konsep waktu.

Tulisan ini merujuk ke apa yang pernah ditulis Marshall Mc Luhan, bahwa televisi adalah mesin penghabis waktu yang luar biasa. Orang rela berjam-jam menonton acara yg disuguhkan. Seolah hidup tanpa televisi kurang lengkap. Televisi dan kehidupan manusia telah bermetamorfosis menjadi kesatuan yang sulit dipisahkan.

Kini, ada produk teknologi yang lebih dahsyat lagi, yaitu perangkat teknologi berbasis internet. Teknologi ini memiliki daya bius yang jauh lebih dahsyat dibandingkan televisi. Efek negatifnya pun juga jauh lebih besar.

Efek positifnya jelas sangat banyak. Karena itu harus dioptimalkan. Sementara efek negatifnya juga harus dikelola agar tidak merugikan. Salah satu caranya adalah dengan membatasi diri sendiri dalam penggunaan internet. Kunci utamanya adalah diri sendiri.

Memang tidak batasan waktu baku, tetapi 30 menit saya kira waktu yg ideal. Tiap orang punya standar sendiri. Tetapi yg substansi, jangan sampai diperdaya oleh teknologi. Salam.

Trenggalek, 22-3-2014
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.