Selasa, 24 Desember 2013

Disiplin-Diri



Oleh Ngainun Naim

Tulisan ini merupakan lanjutan dari catatan saya sebelum ini. Ya, saya sedang tertarik dengan tema ini. Bukan karena saya orang yang telah memiliki tradisi disiplin secara baik, tetapi sebagai ekspresi keinginan saya untuk menjadi manusia yang memiliki tradisi disiplin. Menulis tema semacam ini menjadi sarana bagi saya untuk membaca berbagai buku, merenungkan berbagai fenomena, mencari titik relasi teori-praktik, dan memikirkan strategi bagi transformasi diri, syukur-syukur jika ada pembaca yang juga berminat melakukanya.
Saat membuat resensi buku karya Budi Susanto sebagaimana saya jelaskan pada catatan kemarin, seorang sahabat yang membaca tulisan tersebut memberikan masukan bahwa ada satu buku yang sangat bagus membahas tema tersebut. Buku tersebut adalah karangan Brian Tracy. Mendapat informasi berharga ini, saya pun mengucapkan banyak terima kasih.
Saya beberapa kali ke toko buku di Tulungagung, tetapi buku Brian Tracy sebagaimana saran sahabat tersebut tidak saya temukan. Beberapa hari lalu, di toko buku langganan rupanya sedang ada obral buku-buku terbitan Gramedia. Secara tidak sengaja, saya menemukan buku Tracy. Judulnya Stop Berdalih! Dan Raih Kesuksesan Anda Sekarang!, 21 Cara Pasti Menikmati Kesuksesan dan Kebahagian Abadi, terj. Farida Inayati (Jakarta: Gramedia, 2010). Buku ini, tentu saja, menjadi salah satu buku yang saya beli.
Sampai hari ini saya masih berjuang menyelesaikan membaca buku yang ketebalannya 254 halaman ini. Karena harus membaca buku lain, juga harus melakukan berbagai aktivitas lainnya, buku ini saya baca secara ”ngemil”. Maksudnya, saya membaca bagian demi bagian dari buku ini secara perlahan. Saya tidak terburu-buru membacanya. Saya cermati bagian per bagian. Saya tandai yang penting-penting agar memudahkan mencarinya jika suatu saat membutuhkan.
Tesis buku ini jelas bahwa jika ingin sukses maka harus menguasai salah satu kuncinya, yaitu disiplin-diri. Pada halaman 7 bukunya, secara inspiratif Tracy menulis:
Kesuksesan menjadi mungkin hanya ketika Anda bisa mengatasi kecenderungan alami untuk mengambil jalan pintas. Kesuksesan panjang menjadi mungkin hanya ketika Anda bisa mendisiplinkan diri sendiri untuk bekerja keras dalam waktu yang amat lama.
Tracy memang luar biasa. Bagian per bagian dari buku ini menghadirkan spirit perbaikan diri secara terus-menerus. Membaca buku ini seolah mendapatkan ”tamparan” karena ada banyak hal bertolak belakang dari realitas diri ini dengan saran Tracy. Secara jujur saya harus katakan bahwa buku Tracy sangat inspiratif.

Trenggalek, 23 Desember 2013
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.