Senin, 30 Desember 2013

Belajar Hadis di Minggu Pagi



Oleh Ngainun Naim

Salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari oleh umat Islam adalah ilmu hadis. Ilmu ini membahas tentang perkataan, perbuatan, dan ketetapan Rasulullah Saw. Cakupan ilmu hadis meliputi seluruh aspek ajaran Islam.
Saya tidak akan membahas hal-ikhwal ilmu hadis. Ini bukan bidang yang saya kuasai. Saya ingin berbagi catatan tentang belajar ilmu hadis yang kini bisa dilakukan dengan berbagai cara.
Saya belajar hadis saat masih di bangku sekolah dan kuliah. Tetapi belajar yang saya lakukan kurang intensif. Mungkin karena orientasinya hanya pada bagaimana agar saya lulus saja. Tidak ada orientasi mencintai hadis, mempelajarinya secara mendalam, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sebab lainnya mungkin karena saya tidak duduk di jujurusan Tafsir Hadis sehingga ilmu hadis tidak diajarkan secara intensif. Di Jurusan Tafsir Hadis, ilmu hadis dengan berbagai perniknya memang diajarkan secara lebih sistematis sehingga mahasiswa bisa memperoleh ilmu secara lebih baik dan mendalam.
Minggu pagi, 29 Desember 2013, saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kajian hadis Shahih Bukhori di TVRI. Rupanya ini merupakan kajian rutin setiap minggu. Pembicaranya di Minggu kemarin ada dua, yaitu Pengasuh acara, Dr. Ahmad Fathullah, M.A. dan Ustad Yusuf Mansur. Tema yang pagi itu dibahas adalah tentang shalat.
Saya mendapatkan banyak pengetahuan dari acara itu. Berbagai fenomena shalat yang sering saya lakukan mendapatkan penjelasan secara lebih detail dan mendalam. Kejujuran Ustad Yusuf Mansur untuk berbagi cerita mengenai berbagai hal dalam pengalaman shalat ditambah dengan kajian hadis yang dilakukan Dr. Fathullah semakin menambah bobot acara ini.
Acara ini sangat penting—paling tidak buat saya—untuk menambah ilmu yang sangat penting bagi umat Islam ini. Semoga selalu ada kesempatan untuk menyimaknya agar hidup saya semakin berkah. Amin.

Trenggalek, 29 Desember 2013

Ngainun Naim


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.