Kamis, 04 Juli 2013

MEENGELUHKAN ORANG LAIN



Oleh Ngainun Naim

Salah satu buku yang menarik minat saya adalah The Secret karya Rhonda Byrne. Buku yang edisi Indonesianya diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama Jakarta ini mengalami cetak ulang berkali-kali. Larisnya buku ini menunjukkan bahwa banyak hal menarik yang memikat pembaca.
Jika dibaca secara cermat, buku ini memang menawarkan banyak hal yang menarik untuk diapresiasi, direnungkan, dieksplorasi, dan dikembangkan secara luas bagi kemajuan hidup individu dan sosial. Buku ini sendiri—sebagaimana ciri khas karya tulis—bukan sebuah buku sempurna. Ada berbagai kritik, komentar, ketidaksetujuan, dan respon yang beragam.
Saya memakluminya dan juga menemukan berbagai aspek yang memang harus dikritisi. Tetapi catatan ringan ini tidak akan mengulas aspek kritik tersebut. Saya akan mengambil bagian penting yang saya kira dapat memberikan energi positif bagi kehidupan sosial kita. 

Aspek yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah mengeluhkan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering tidak setuju dengan orang lain. Kita melihat orang lain dengan ”kacamata” kita sehingga orang lain tersebut kurang inilah, kurang itulah, dan berbagai kekurangan lainnya.
Berkaitan dengan inilah, menarik menyimak paparan Byrne yang mengutip pendapat Marci Shimoff, sebagaimana termuat di halaman 143 buku The Secret. Kata Simoff, kondisi ini disebabkan karena kita selalu berfokus pada orang lain. Agar relasi berjalan secara baik, kita perlu berfokus pada apa yang kita hargai dari orang lain, bukan pada apa yang dikeluhkan. Ketika kita mengeluhkan hal-hal dari teman relasi kita, kita hanya akan mendapatkan lagi banyak hal yang kita keluhkan.
Shimoff menyarankan agar kita membalik situasi ini. Caranya dengan mengambil secarik kertas, dan untuk tiga puluh hari mendatang, kita duduk dan menuliskan semua hal yang kita hargai dari dia. Pikirkan semua alasan kenapa Anda menghargainya. Berbagai nilai positif yang Anda peroleh akan memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak hal lain yang juga positif. Jadi, jangan mengeluhkan orang lain, tetapi carilah nilai-nilai positif yang dia miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.