Selasa, 09 Juli 2013

JANGAN REMEHKAN HAL-HAL KECIL



JANGAN REMEHKAN HAL-HAL KECIL
Oleh Ngainun Naim

Salah satu penulis idola saya adalah Prof. Rhenald Kasali, Ph.D. Kolomnya setiap selasa di Jawa Pos sering saya baca. Banyak hal mengejutkan dan memberikan spirit kemajuan hidup yang saya peroleh dari artikel-artikelnya yang bernas. Tetapi saya tidak selalu membaca sampai tuntas artikel beliau ketika temanya sudah merambah bidang ekonomi-marketing yang tidak saya pahami.
Pengaruh Prof. Rhenald Kasali—yang ternyata teman SMA artis Rano Karno—cukup besar dalam perjalanan saya menulis. Salah satu buku saya, Menjadi Guru Inspiratif, yang diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Pelajar Yogyakarta lahir karena inspirasi artikel beliau di Harian Kompas. Alhamdulillah, buku ini telah cetak hingga empat kali sejak pertama kali terbit tahun 2009 lalu.

Hari ini, Selasa, 9 Juli 2013, saya kembali mendapatkan inspirasi dari artikel Prof. Rhenald. Di Jawa Pos, beliau menulis artikel yang berjudul ”Jangan Abaikan Hal-hal Remeh”. Di bagian pembuka, dengan menghentak Prof. Rhenald mengutip pendapat pelukis Vincent Van Gogh, ”Karya-karya besar hanya bisa dicapai melalui rangkaian karya-karya (perbuatan-perbuatan” kecil”. Saya cermati kata-kata ini. Kata-kata sederhana tetapi—menurut saya—penuh energi.
Ada kecenderungan di antara kita untuk menyukai hal-hal besar dan meremehkan hal-hal kecil. Padahal sesungguhnya kesuksesan itu dimulai dari ketekunan dan konsistensi kita melakoni hal-hal kecil. Prof. Rhenald banyak memberikan contoh mengenai hal ini. Bondan Winarno yang terkenal dengan ”Mak Nyus”-nya memulai karier mencicipi makanan sejak lama, dari tempat-tempat kuliner sederhana, dan menekuninya sepenuh hati. Dahlan Iskan adalah contoh lain yang penting untuk diteladani mengenai hal ini. Dan jangan lupa, Prof. Rhenald juga mencontohkan mengenai hal kecil dari yang beliau lakukan: membintangi iklan jamu, menulis buku manajemen, dan melakukan perubahan dimulai dari pendirian PAUD.
Di bagian akhir artikelnya, beliau membuat penutup yang tidak kalah menghentak. ”Kalau hal-hal kecil itu kita lakukan terus-menerus dengan penuh kesungguhan, dia bisa saja menjadi besar”. Mengutip pendapat Jose Ortega Gasset, ”For the person for whom small things do not exist, the great is not great”, maka hal penting yang saya kira layak kita lakukan adalah marilah melakukan hal-hal biasa secara konsisten, maka hasilnya akan luar biasa. Salam!   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.