Jumat, 31 Januari 2020

Perjalanan ke Metro Lampung Di Awal Tahun

Foto usai pembekalan kepada mahasiswa

Ngainun Naim
Jarum jam di HP menunjukkan pukul 02.00. Saya segera bangun. Perjalanan dari rumah di Trenggalek ke Bandara Juanda Surabaya bukan perjalanan yang dekat. Saya segera mandi dan bersiap berangkat. Barang yang akan saya bawa sudah saya persiapkan sebelum tidur. Jadi usai mandi tinggal berangkat menuju bandara.
Pukul 02.40 saya meninggalkan rumah menuju Tulungagung. Suasana pada jam itu masih sangat sepi. Saya berjuang sekuat tenaga untuk tidak mengantuk. Mandi ternyata tidak juga menjamin untuk tidur mengantuk. Maklum, saya hanya tidur beberapa jam yang itupun kurang nyenyak.
Pukul 03.30 saya sampai kampus. Saya melihat Mas Slamet dan Mas Gatot—sekuriti IAIN Tulungagung—sedang berjaga. Saya memasukkan mobil ke halaman LP2M, lalu berjalan ke gerbang. Kunci mobil saya titipkan. Beberapa saat kemudian Grab yang sudah saya pesan datang. Kami meluncur menuju Terminal Gayatri Tulungagung.
Pukul 04.00 saya menuju mushola Terminal. Ternyata musholla masih terkunci dari luar. Saya harus shalat. Teringat ceramah KH Marzuki Mustamar agar kita jangan sekalipun meninggalkan shalat. Itu harus diperjuangkan sekuat tenaga. Shalat itu besar sekali berkahnya dalam kehidupan.
Menyampaikan materi kepada para dosen IAIN Metro

Saya berjalan menuju SPBU yang terletak di barat terminal. Itung-itung sambil olahraga. Saya lihat mushola buka. Saya membuka pintu pagar mushola, mengambil air wudhu, lalu membaca Al-Qur’an sambil menunggu waktu subuh tiba. Tidak lama. Hanya 2 halaman saya membaca Al-Qur’an terdengar adzan subuh. Saya segera shalat sunnah dan shalat subuh.
Tanpa dzikir saya berlari ke terminal. Saya segera naik Bus Harapan Jaya Patas Via Tol. Sepi. Tidak butuh waktu lama, bus berangkat dan saya terlelap. Saya baru bangun begitu sampai jalan tol. Saya buka HP untuk mencari informasi yang saya butuhkan. Beberapa pesan WA saya balas.
Pukul 06.40 Bus Harapan Jaya memasuki Terminal Bus Bungurasih. Saya turun, cari sarapan soto ayam dan segelas kopi hitam. Saya menikmati sarapan pagi itu. Setelah cukup saya menuju Bus Damri yang mengantarkan menuju Terminal 2 Juanda. Pesawat yang saya tumpangi adalah Garuda. Pesawat mahal yang dibelikan oleh panitia.
Foto bersama di akhir acara

Saya menikmati waktu menunggu dengan shalat dhuha, membuka komputer untuk menyempurnakan PPT, dan membaca buku. Ada dua buku yang saya bawa, yaitu karya Deliar Noer, Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942 dan karya Arvan Pradiansyah, Life is Beatuful.
Perjalanan kali ini sungguh sensasional. Saya berusaha menikmatinya di tengah kondisi gigi ngilu yang kadang datang. Entahlah, dalam beberapa hari ini gigi terasa ngilu. Semoga segera sembuh.
Perjalanan Surabaya—Jakarta dan lanjut ke Jakarta—Bandar Lampung berjalan lancar. Membaca, makan, dan tidur. Itu aktivitas utama selama perjalanan.
Pukul 13.20 pesawat landing. Saya segera keluar dan duduk di ruang tunggu penumpang. Saya melirik mencari-cari penjemput. Belum ada tanda-tanda sampai kemudian Nasrul dari LP2M IAIN Metro mengirim SMS. Saya bilang bahwa saya sudah di ruang tunggu. Sesaat kemudian Kapus Pengabdian—Dr. Zuhairi—menemui. Setelah itu kami meluncur menuju Metro.
Buku karya Imam Mustofa dan Nurul Mahmudah

Pukul 15.00 kami sampai di Grand Venetian Hotel Metro Lampung. Pak Zuhairi dan Mas Nasrul mengantarkan sampai ke kamar kemudian mempersilahkan istirahat. Begitu beliau berdua pulang, saya mencari informasi di google tentang waktu shalat Ashar. Masih ada 20 menit sebelum masuk ashar. Begitu masuk ashar saya shalat lalu menyetel alarm untuk bangun. Ternyata saya bangun melebihi waktu yang saya stel.
Tidur siang sungguh nikmat. Rasanya tubuh segar. Semoga agenda berikutnya juga lancar. Amin.
Pukul 19.00 Pak Sukmono—Kasubag LP2M IAIN Metro—menelpon bahwa beliau sedang dalam perjalanan ke Hotel. Saya pun bersiap. Malam itu kami makan di Saung Sunda. Perjalanan menuju lokasi sekitar 10 menit. Di sana kami mengambil tempat lesehan. Tidak seberapa lama Ketua LP2M, Dr. Zaenal Abidin datang menyusul. Saya memesan gurami bakar, Pak Zaenal lele goreng, Pak Sukmono dan staf LP2M memesan ayam.
Sesungguhnya makan malam kami sungguh nikmat. Sayang kenikmatan makan kami terganggu oleh kucing-kucing liar yang masuk di bawah meja. Sungguh tidak nyaman. Rasa nikmat berkurang gara-gara kucing.
Malam itu saya istirahat dan sedikit membaca buku Arvan Pradiansyah sebelum tidur. Lumayan sebagai asupan gizi untuk pengantar tidur. Sebuah buku yang menurut saya cukup mencerahkan.
Kopiah khas Metro

Pagi hari saya jalan pagi, sarapan, lalu mengedit sebuah artikel. Lumayan menyelesaikan beban tanggung jawab. Pukul 08.40 Pak Sukmono datang menjemput. Saya segera membawa semua barang saya menuju mobil. Kami pun meluncur ke IAIN Metro.
Saya langsung menuju Gedung Serga Guna (GSG) IAIN Metro. Di ruangan yang besar itu saya berceramah kepada lebih 700 mahasiswa calon peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). Saya sangat menikmati kegiatan tersebut. Saya mendapatkan jatah waktu sekitar 2 jam untuk memberikan pembekalan kepada para mahasiswa yang akan terjun ke lapangan. Tentu karena bukan motivator saya tidak sepenuhnya bisa mengendalikan para peserta. Jumlah sangat banyak. Ditambah lagi ruangan yang penuh sesak dan panas. Tetapi menurutku cukup lumayanlah. Sejauh pengamatanku, mereka cukup memperhatikan ceramahku selama hampir dua jam itu.
Usai acara saya diajak ke ruang istirahat pimpinan di Gedung Rektorat IAIN Metro. Tidak seberapa lama kemudian Dr. Zuhairi dan tim mengajak makan siang. Kami meluncur menuju RM Yohana. Ikut serta dalam rombongan adalah Dr. Zuhairi, Pak Sukmono, Dr. Dedi Irwansyah, Mbak Nurul Mahmudah, dan Bu Mufliha. Siang itu kami makan sangat nikmat. Pak Zuhairi memerintahkan Nurul Mahmudah dan Pak Sukmono untuk mencari durian. Dan saat itulah saya menemukan menu yang sungguh unik, yaitu durian yang diaduk dalam sambal. Anti-mainstream tetapi enak. Penting juga dicoba, apalagi lauknya adalah pindang baung yang menjadi kuliner khas Lampung.
Kopi khas Lampung

Sore hari saya diminta memberikan pembekalan kepada para DPL. Substansi materi yang saya sampaikan adalah bagaimana KPM itu bukan sekadar KPM. Idealnya, DPL menghasilkan produk yang terukur, jelas, dan bermanfaat. Manfaat buat siapa? Ya buat dosen sendiri, jurusan, dan kampus.
Saya menawarkan kepada peserta untuk mengolah laporan DPL menjadi buku ber-ISBN. Menurut saya, salah satu kelemahan DPL adalah jarang memiliki dokumentasi tertulis. Jika kemudian mengolahnya menjadi dokumentasi tertulis, tentu akan luar biasa.
Acara usai pukul 15.00. Agenda selanjutnya foto bersama dan berbincang-bincang. Beberapa teman dari IAIM Metro sudah menunggu karena mereka yang akan mengantarkan saya ke Bandara. Mereka adalah Habib, Suhono, Aprezo, dan Mudi. Baru jam 15.30 kami bisa meninggalkan IAIN Metro.
Kami tidak langsung ke Bandara karena saya berjanji untuk silaturrahim ke rumah Imam Mustofa. Hujan sangat deras ketika kami sampai di rumah dosen muda yang produktif berkarya tersebut. Beliau menyambut kami dengan sangat ramah. Kopi panas menemani perbincangan kami.
Sayang, waktu saya mepet. Mungkin hanya 20 menit kami di rumah Mas Imam. Pesawat yang akan mengantarkan saya akan terbang pukul 18.20 WIB. Kami pun pamit. Sebelum pulang, beliau menghadiahi saya buku terbaru beliau, kopiah khas Lampung, dan dua bungkus kopi. Terima kasih banyak ya Mas.
Rehat

Kami kemudian meluncur menuju Bandara Raden Intan Tanjung Karang Bandar Lampung. Hujan turun dengan sangat deras. Meskipun demikian perjalanan lumayan lancar karena kami lewat jalur tol. Pembangunan jalan tol sungguh terasa sekali manfaatnya.
Pesawat Garuda yang mengantarkan saya ke Bandara Soekarno Hatta cukup banyak kursi kosong. Ini cukup melegakan karena saat berangkat dari Surabaya—Jakarta, lalu Jakarta—Lampung kondisi kursis full. Tidak ada satu pun kursi kosong.
Mendarat di Soekarno Hatta, saya berusaha menentukan pilihan menginap. Beberapa hotel yang saya tuju ternyata full. Saya pun memilih untuk menginap di Digital Airport Hotel. Menuju lokasinya ternyata tidak mudah. Sempat beberapa kali bertanya sebelum akhirnya masuk ke hotel super mungil tersebut. Saya tidak banyak mengulas hotel itu. Intinya untuk transit, lumayanlah untuk mengistirahatkan fisik yang lelah.
Bangun pukul 02.00 dan bersiap menuju Terminal 2 karena pesawat yang saya naiki ada di Terminal 2. Pada jam seperti itu, transportasi gratis antar terminal belum beroperasi. Tidak ada pilihan. Saya naik taksi yang harganya cukup lumayan. Tidak apa-apa. Dibandingkan dengan menginap di hotel luar bandara, tetap saja apa yang saya pilih lebih hemat. Sebuah pengalaman yang sangat berarti dan tidak akan terlupakan.