Jumat, 27 Juni 2014

Sumber Inspirasi



Oleh Ngainun Naim

Tumpukan buku kurang tertata teronggok di lemari dan beberapa sudut ruangan. Saya belum pernah menghitung jumlahnya secara pasti. Buku, bagi saya, adalah sumber inspirasi tak bertepi. Selalu saja ada hal-hal baru dan menarik yang saya temukan setiap menjelajahi halaman demi halaman sebuah buku.
Memiliki buku dalam jumlah berlimpah menjadi obsesi semenjak saya berusia remaja. Suatu ketika saat duduk di bangku MTs saya berkunjung ke rumah seorang guru dan menyaksikan rak buku di ruang tamu yang penuh sesak oleh buku. Saat itu tertanam dalam diri untuk menirunya, walaupun tidak tahu secara pasti kapan terwujud.
Inspirasi untuk memiliki buku terus membayangi, bahkan hingga kini. Jumlah buku terus bertambah dan tidak seimbang dengan kesempatan membacanya. Pernah terbetik dalam pikiran untuk berhenti sejenak menambah buku tetapi kemudian gagal. Pikiran semacam ini tidak hanya datang sekali tetapi berkali-kali. Dan selalu gagal.
Kini saya hanya mencoba lebih selektif saja dalam memiliki buku.
Buat apa memiliki banyak buku? Tentu ada banyak manfaatnya. Jika mau jawaban narsis ya buat gaya he he. Tetapi jelas ini bukan jawaban memuaskan. Bagi saya, buku jelas banyak manfaatnya. Terpenting buku adalah sumber inspirasi yang tidak pernah kering. Bagaimana dengan Anda? Salam.

Tulungagung, 24-6-2014

2 komentar:

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.