Kamis, 27 Februari 2014

Fokus



Pernahkah Anda membaca novel "Rantau 1 Muara" karya A. Fuadi? Saya sangat suka terhadap novel ini. Aspek yang menarik perhatian saya adalah kekuatan 'fokus'.

Diceritakan di novel tersebut bagaimana Alif berjuang keras untuk bisa merebut beasiswa ke Amerika.
Persaingan lolos beasiswa ke negeri Paman Sam memang sangat berat. Hanya mereka yang gigih dan memiliki kemampuan memadai yang bisa melenggang ke sana.


Demi meraih impiannya, Alif belajar sangat keras. Buku tentang Toefl ia bawa ke mana-mana. Sebagai wartawan dengan tugas liputan yang padat, ia harus berjuang keras merawat impiannya. Pilihan terbaiknya adalah memanfaatkan tiap kesempatan yang ada untuk membaca, berlatih, dan terus berlatih Toefl. Ia membaca buku di kereta api, menunggu narasumber, menunggu rapat, dan di semua kesempatan yang memungkinkan. Teman2nya menganggapnya 'ngelindur', tapi ia tidak patah arang. Ia terus belajar, belajar, dan belajar.

Perjuangannya yang keras dan tidak kenal menyerah akhirnya berbuah manis. Ia lolos seleksi. Fokus pada satu impian dan mengejarnya sampai tercapai adalah salah satu kunci sukses. Fuadi telah memberi pelajaran berharga tentang kekuatan fokus. Bagaimana dengan Anda?

Trenggalek, 26/2/2014
Ngainun Naim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.