Minggu, 14 Juli 2013

MBAH DAMIN: KONSISTENSI SEPANJANG USIA



MBAH DAMIN: KONSISTENSI SEPANJANG USIA
Oleh Ngainun Naim


Sudah dua ramadhan ini saya tidak menjumpai lagi sosoknya. Beliau bukan tokoh besar, tetapi keteladanannya penting untuk dijadikan referensi hidup. Beliau sudah pulang menghadap ke haribaan Ilahi sekitar dua tahun lalu. Ingatan saya tentang sosoknya kembali menguat setiap ramadhan tiba. Usianya yang sudah sangat tua tidak mengurangi semangatnya beribadah. Saat shalat taraweh, beliau berposisi persis di belakang imam. Semangatnya yang tinggi membuat kami yang muda merasa malu. Coba bayangkan, setelah imam salam, beliau tanpa jeda terus berdiri lagi. Dan itu dilakukan beliau secara konsisten nyaris sebulan utuh.
Pagi hari setelah sahur, beliau sudah di mushala. Adzan subuh selalu beliau senandungkan dengan suaranya yang bergetar karena usia. Memang tidak merdu, tetapi adzan beliau merupakan penanda spirit hidup yang tidak pernah padam. Semangat ibadahnya sungguh luar biasa.
Di luar bulan ramadhan, spirit ibadah itu tetap terjaga. Shalat jamaah sehari lima kali selalu konsisten beliau jaga. Dengan pelan, beliau berjalan dari rumahnya menuju musholla. Dan beliau selalu nyaris menjadi jamaah yang pertama datang.
Usianya sudah hampir 90 tahun ketika saya pertama kali mengenal beliau sepuluh tahun lalu. Sebagai pendatang, beliau bertandang ke rumah saya untuk memperkenalkan diri. Beberapa hari kemudian, saya pun bertandang ke rumah beliau. Sebuah rumah sederhana yang damai. Saya banyak diskusi dan belajar kehidupan dari beliau.
Ada beberapa hal yang dapat saya catat dari kenangan tentang sosok Mbah Damin. Pertama, semangatnya beribadah yang luar biasa. Bagi beliau, hidup harus dijalani dengan penuh rasa syukur. Wujudnya bisa bermacam-macam, dan salah satunya adalah dengan rajin beribadah. Selain aktif di mushola, beliau juga selalu hadir di berbagai kegiatan agama. Sebelum tubuhnya semakin lemah, beliau selalu berjalan kaki ke berbagai majelis taklim atau majelis dzikir. Ketika sudah semakin sepuh, anak cucu beliau yang mengantarkan. Usia tidak menghalangi semangat beliau untuk selalu beribadah.
Kedua, membaca al-Qur’an. Sebagai umat Islam, saya malu mendengar penuturan Mbah Damin tentang bagaimana beliau masih terus membaca al-Qur’an hingga usia tua. Hebatnya lagi, di usia yang lebih dari 90 tahun, beliau tidak membutuhkan bantuan kaca mata. Ketika saya tanya tentang berapa halaman yang beliau baca setiap harinya, dengan enteng beliau menjawab bahwa yang penting membaca dengan ikhlas. Soal halaman itu tidak penting.
Ketiga, saat saya tanya kunci sehatnya hingga usia lanjut, beliau bertutur bahwa beliau menjalani hidup dengan penuh rasa syukur. Hidup dijalani dengan apa adanya. Selain itu, beliau vegetarian. Menu makanannya setiap hari tidak pernah mengonsumsi daging.
Kini beliau sudah berpulang. Tetapi hidup beliau sendiri adalah sebuah keteladanan yang bagi saya sangat inspiratif. Dari kesederhanaan hidup, semangat, dan hidupnya itu sendiri, saya mendapatkan banyak pelajaran yang sangat berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini. Komentar anda sangat saya hargai.